Kamis, 02 November 2017

Penyebab Benang Jahitan Atas Sering Putus Dan Solusinya.

Mengapa benang jahit bagian atas sering putus tentunya itulah sebagian permasalahan yang sering di hadapi para penjahit, dan tidak jarang pula hal ini akan membuat anda kesal bukan? Buat para profesional yang sudah terbiasa menjahit tentunya hal ini adalah perkara mudah untuk diatasi segera, namun lain halnya dengan teman-teman yang baru belajar menjahit atau mungkin baru pertama kali mengoperasikan mesin jahit.

Jangan sampai permasalahan benang jahit yang suka putus malah menjadikan semangat belajar menjahit bagi para pemula yang tadinya berkobar seketika menjadi padam dikarenakan hal sepele semacam ini. Berikut admin bahas penyebabnya menurut pengalamanku selama 12 tahun menjahit ya..😎 

1. Luka pada tatakan mesin
Penyebab pertama kenapa benang jahit putus biasanya di sebabkan karena adanya luka / goresan pada lubang tatakan mesin jahit. Luka ini biasanya di sebabkan karena benturan dengan jarum mesin jahit, pada saat menjahit setelah jarum patah dan ketika di pasang kembali jarumnya ternyata tiba-tiba benang suka putus bisa jadi terjadi luka pada lubang tatakan akibat benturan dengan jarum jahit tadi. Solusinya adalah dengan menghaluskan lagi area lubang tatakan dengan amplas atau bisa juga dengan obeng kecil. Tapi akan lebih aman jika di ganti dengan tatakan yang baru jika luka / goresannya sudah parah.

2.Posisi jarum jahit yang salah
Penyebab benang putus yang ke dua adalah posisi jarum yang terbalik. Posisi jarum jahit yang terbalik juga bisa menyebabkan benang atas putus, pastikan posisinya sudah benar mana yang menghadap ke kiri dan mana yang sebelah kanan.

3. Masalah pada rotari
Rotari yang tergores juga bisa menyebabkan jarum bagian atas suka putus, sama seperti lubang tatakan yang luka solusinya adalah mengamplas bagian yang luka atau tergores tersebut supaya halus lagi.

4. Setelan benang terlalu kencang
Setelan benang atas yang terlalu kencang atau tegang bisa juga menjadikan benang putus, coba sedikit kendorkan setelan benangnya dengan cara memutar per setelan berlawanan dengan arah jarum jam.

5. Kualitas jarum yang buruk
Kualitas jarum jahit juga bisa menjadi biang keladi benang atas pada mesin jahit sering putus. Pernah dulu waktu awal menjahit saya pernah di buat kesal karena benang yang tiba-tiba putus saat menjahit, setelah cek sana sini ternyata di sebabkan jarum yang buruk. Usahakan belilah jarum dengan kualitas yang terbaik demi kelancaran belajar menjahit teman-teman. Coba tanyakan ke penjual peralatan jarum jahit mana yang bagus.

6. Benang yang tidak berkualitas baik
Kualitas benang yang buruk juga bisa menyebabkan benang suka putus. Pernah suatu ketika karena tidak tersedia benang merek astra yang biasa saya pakai dan adanya hanya ada benang merek abal-abal saya paksakan untuk menjahit. Yang terjadi kemudian adalah ketika saya kencangkan setelan benang maksudnya biar lebih rapi jahitannya eh malah benang putus putus kerana gak kuat nahan tegang, namun jika saya kendorkan setelan benang jadi jelek hasil jahitan.

7. Perawatan mesin jahit
Hal terakhir yang tidak kalah penting bisa menjadi penyebab benang atas pada mesin jahit suka putus adalah mesin jahit yang jarang di gunakan atau di berikan pelumas. Jika mesin jahit dalam tempo lama tidak di gunakan, sebaiknya sebelum menjahit di berikan minyak gemuk / atau pelumas mesin supaya jalannya mekanik bisa lancar.

Itulah tadi sebagian permasalahan penyebab banang jahit suka putus menurut pengalaman saya selama ini, semoga permasalahan temen-temen yang seperti barusan saya jelaskan bisa terselesaikan ya. Selamat pagi salam sukses dari rotsa jeans💪💪

0 komentar:

Posting Komentar