Rabu, 15 November 2017

Cara Menyetel Rotari Pada Mesin Jahit Supaya Jahitan Tidak Loncat / Skip


Sebenarnya penyebab utama dari permasalah jahitan loncat atau skip yang pernah saya paparkan pada tulisan terdahulu adalah settingan pada rotari mesin jahit itu sendiri. Karena settingan rotari adalah inti dari proses pengaitan antara benang atas dan benang bagian bawah yang terdapat di sekoci pada mesin jahit.

Untuk proses menyetel rotari saya sendiri untuk peralatan yang di perlukan hanyalah sebuah obeng minus untuk membuka / melepas baut-bautnya. Berikut adalah langkah-langkah penyetingan rotari yang benar.

1. Langkah pertama adalah matikan dahulu dinamo mesin jahit supaya lebih aman, kemudian lepaslah sepatu pada mesin jahit untuk memudahkan pandangan mata saat melakukan penyetelan rotari.

2. Lepaskan plat atau tatakan mesin dengan melepas kedua baut yang ada menggunakan obeng minus yang tadi telah di persiapkan.

3. Lepaskan pula gigi pada mesin jahit dengan cara melepaskan bautnya, hal ini bertujuan untuk memudahkan pandangan kita terhadap setelan rotari nantinya.

4. Kendorkan dua buah baut yang terdapat pada rotari untuk memulai tahap penyetingan, ingat ya teman-teman kendorkan saja bukan di lepas bautnya. Untuk beberapa rotari biasanya terdapat 3 baut yang melekat pada badan rotari, kendorkan saja.

5. Untuk tahapan penyetingan adalah dengan memutar mesin dengan tangan sambil di sesuaikan antara posisi ujung rotari dengan bagian jarum yang menjorok kedalam.

6. Usahakan sedekat mungkin jarak antara ujung mata rotari dengan coakan jarum jahit, sebab jika terlalu jauh maka benang tidak akan mengait sehingga menyebabkan nantinya jahitan loncat. Namun jika anda menyetelnya terlalu dekat antara rorati dan jarum kemungkinan akan terjadi benturan yang bisa menyebabkan jarumpatah atau rotari cepat habis atau rusak.

7. Setelah setelan dirasa pas silahkan pasang kembali gigi dan juga plat tatakan serta sepatu jahit yang  ada.

8. Cobalah menjahit dengan bahan yang sebelumnya di jahit bermasalah atau lompat, jika masih lompat-lompat juga berarti setingan antara rotari yang anda lakukan belum pas. Cobalah setting lagi posisinya supaya tepat sesuai harapan.

Untuk belajar menyetel rotari pada mesin jahit memang memerlukan banyak latihan dan uji coba yang terus-menerus supaya felling kita terasah dengan baik. Pada awalnya admin juga sempat kebingungan juga menyetel rotari, namun seiring dengan latihan yang terus menerus sekarang untuk menyetel rotari pada mesin jahit adalah hal yang gampang untuk dilakukan. Selamat mencoba

1 komentar: