Senin, 06 November 2017

Cara Mengukur Pakaian Wanita


Tahapan pengukuran pakaian atau fiting baju adalah termasuk dalam tahapan awal dalam proses tailoring atau pembuatan pakaian oleh para penjahit. Berikut adalah tahapan bagaimana cara mengukur pakaian untuk pakaian wanita. 

1. Menentukan posisi Lingkar Pinggang
Cara menentukan posisi lingkar pinggang adalah dengan cara mengikatkan tali pada pada bagian pinggang yang terkecil. Ikatkan tali tersebut pada area pinggang dengan tingkat kekencangan yang sedang, jangan terlalu kencang ataupun kendor.

2. Panjang Muka
Cara mengukur panjang muka adalah dengan mengukur panjang mulai dari titik cekung leher depan sampai ke bawah pada posisi lingkar pinggang yang sudah kita tentukan seperti pada langkah pertama.

3. Lebar Bahu
Cara mengukur lebar bahu adalah dengan mengikatkan tali pada ketiak sampai ke atas bahu pada posisi tegak lurus. Pada ujung ikatan atas bahu tersebut kita ukur mulai dari titik tersebut sampai pada titik bahu yang satunya, maka akan kita dapatkan lebar bahu.

4. Panjang Lengan
Untuk mengukur panjang lengan adalah dengan menarik meteran mulai dari ujung bahu sampai bagian bawah pergelangan tangan. Untuk ukuran standar tangan panjang letaknya  adalah 2 cm di bawah pergelangan tangan / menutupi pergelangan  tangan.

5. Lingkar Badan
Cara mengukur untuk lingkar badan adalah dengan melingkarkan meteran pada area dada melewati sela ketiak. Carilah ukuran terbesar pada bagian keliling dada untuk menentukan lingkar dada.

6. Lingkar Pinggang
Sama halnya seperti saat mengukur lingkar badan, untuk mengukur lingkar pinggang caranya adalah dengan  mengukur pada area perut yang sudah kita tentukan pada pada tahapan menentukan posisi lingkar pinggang seperti pada tahapan pertama barusan. Carilah ukuran terkecil pada area pinggang tersebut untuk mendapatkan ukuran lingkar pinggang yang tepat.

7. Lingkar Pinggul
Untuk menentukan lingkar pinggul caranya sama pula seperti mengukur lingkar badan pada tahapan ke 5 barusan, dengan cara melingkarkan meteran pada bagian pinggul kemudian carilah ukuran terbesar pada bagian pinggul untuk mendapatkan ukuran pinggul yang tepat. Yang perlu di ketahui adalah bahwa titik bagian pinggul berada pada posisi kurang lebih 18 cm di bawah posisi lingkar pinggang. 

8. Lebar Dada
Untuk mendapatkan ukuran lebar dada teorinya hampir sama dengan mengukur lebar bahu seperti pada tahapan ke 3 di atas. Seandainya kita melingkarkan tali pada kerung lengan, maka kita akan mendapatkan titik untuk menentukan lebar dada. Ukurlah melintang untuk menentukan lebar dada dari bagian kanan sampai bagian kiri maka jarak yang kita dapatkan tersebut itulah yang namanya lebar dada. Biasanya untuk panjang lebar dada adalah 3-4 cm lebih pendek dari lebar bahu yang kita ukur.

9. Lingkar Kerung Lengan
Cara untuk mengukur lingkar kerung lengan yakni dengan melingkarkan meteran pada kerung lengan atau ketiak, kemudian dari ukuran pas yang kita dapatkan pada meteran saat pengukuran tersebut lalu ditambah 4 cm dari ukuran semula maka itulah yang di sebut ukuran lingkar kerung lengan.

10. Lingkar Lengan
Cara mengukurnya adalah dengan menarik 20 cm dari titik ujung bahu ke bagian bawah lengan, maka situlah titik kita akan mengukur lingkar lengan. Ukurlah keliling lengan dengan meteran melingkar pada bagian tangan. Mohon diperhatikan bahwa posisi tangan dalam keadaan menekuk supaya didapatkan ukuran yang maksimal, hal ini di maksudkan agar pada saat di ukur otot pada lingkar lengan berada pada posisi kontraksi.

11. Lingkar Ujung Lengan
Ukurlah dengan cara mengukur keliling pada pada telapak tangan pada saat membuka.

Itulah beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam mengukur untuk fiting pakaian wanita yang perlu di perhatikan buat teman-teman yang sedang belajar menjahit. Semoga informasinya bermanfaat, kalau ada kekurangan mohon maaf. Silahkan sampaikan kritik saran dan juga komentarnya pada kolom komentar di bawah. Sampai jumpa lagi pada tulisanku selanjutnya.

0 komentar:

Posting Komentar