Selasa, 03 Oktober 2017

Antara Mesin Jahit High speed Dan Mesin Jahit Klasik Keunggulan dan Kekurangannya

Buat teman-teman yang hendak atau sedang belajar menjahit atau memulai bisnis di bidang jahit menjahit, salah satu hal yang menjadi pertimbangan utama salah satunya adalah dalam hal memilih mesin jahit yang akan di gunakan dalam belajar atau bekerja.

Pada tulisanku kali ini saya akan terfokus pada mesin jahit klasik dan mesin jahit high speed saja. Ini terkait dengan biaya dan produktifitas kerja dan juga untung ruginya apabila teman-teman memutuskan untuk menggunakan salah satunya. Sebenarnya biasanya ada juga yang kalo baru belajar lebih senang menggunakan mesin portabel.

Pada mesin jahit klasik atau mesin kecil harganya murah dan terjangkau yang berkisar 1 juta untuk satu unit mesin baru merek butterflay atau 300 ribuan untuk yang bekasnya,  berbeda jauh dengan harga mesin high speed yang bisa mencapai 5 juta an untuk harga mesin barunya tapi ini tergantung juga mereknya ya.

Kelebihan mesin jahit klasik adalah hemat biaya operasionalnya, saya mengatakan hemat karena mesin jahit klasik bisa dioperasikan dengan mengayuh secara manual. Sebab biasanya memang pada mesin jahit jenis ini di sertakan juga meja yang di desain yang juga berfungsi sebagai penggerak utama mesin untuk mengoperasikannya. Jadi mesin ini bisa digunakan meskipun saat listrik dari PLN sedang padam. Berbeda dengan mesin jahit High speed yang hanya bisa di gunakan dengan dinamo sebagai penggerak utamanya, jadi tentunya kalo pas listrik lagi padam ya padam juga mesin high speednya. hehehehe

Selain menggunakan cara dikayuh atau digenjot, pada mesin jahit klasik ini temen-temen juga bisa menggunakan bantuan dinamo kecil dengan watt 100 untuk bisa mengoperasikannya. Anda bisa membeli dinamo mesin klasik di toko peralatan jahit. Ini disarankan buat teman- teman yang malas untuk menggenjot mesin dan pingin lebih praktis saja. Untuk harga dinamo mesin kecil berkisar 50 sampai 100 ribuan tergantung merek nya ya. Kalau untuk dinamo mesin high speed harga dinamonya sekitar 500 ribuan untuk merek YUASA 250 watt. Lagi lagi dari dari harga dinamonya mesin klasik lebih unggl ya.

Karena dinamo mesin high speed memiliki dinamo dengan watt lebih besar yang mencapai 250 watt tentunya biaya listrik yang di gunakan juga akan lebih besar pula apabila di bandingkan dengan biaya listrik yang perlukan untuk operasional mesin klasik yang hanya menggunakan dinamo dengan daya 100 watt. Udah gitu pada saat penggunaanya pun berbeda, kalo pada dinamo mesin jahit klasik tidak akan ada listrik terpakai pada saat dinamo tidak di gunakan untuk menjahit, namun pada mesin high speed apabila sudah on meskipun sedang berhenti saat menjahit maka listrik akan terus terpakai sehingga menambah pemakain listriknya. Keculi jika teman teman menggunkan dinamo Servo untuk mesin high speednya.




Kekurangan pada mesin jahit klasik adalah kecepatannya

0 komentar:

Posting Komentar