Jumat, 19 Mei 2017

Macam Macam Benang Jahit

Berikut adalah aneka macam benang yang dipergunakan untuk keperluan menjahit

1. Benang Jahit
Benang Jahit  ialah benang yang di gunakan untuk menjahit. Halus kasar benang di tentukan menurut nomor benang, makin tinggi nomor benang maka makin halus benang tersebut. Misalnya benang jahit  no.50 akan lebih halus di banding no.40.

2. Benang Mouline

Benang mouline yaitu benang yang berlainan warna yang di jadikan satu sehingga benang mouline sering juga disebut benang pelangi. Benang ini di gunakan untuk menghias pakaian atau kain.

3. Benang Melange ( Benang Serabut Campur )

Benang melange yaitu benang yang mempunyai warna beraneka ragam yang di buat dengan cara dipintal. Benang ini sering digunakan untuk hiasan kain.

4. Benang Yaspis

Benang yaspis yaitu benang yang di pilin dari 2 benang yang belum di pilin sehingga bentuknya berupa satu benang bulat. Benang ini sangat bagus di gunakan untuk menghias pakaian.

5. Benang Bordir

Benang bordir yaitu benang yang diguanakan untuk membordir, memiliki tekstur yang mengkilat sehingga bagus dan terlihat nyata saat di aplikasikan pada pakaian.

6. Benang Sulam / Suji

Dari namanya saja kita tahu kalo benang ini diperuntukan untuk membuat sulaman, benang ini tersedia dalam beraneka warna. Benang ini ada yang hanya terdiri dari satu warna namun ada juga yang palang atau warna bertingkat.

7. Benang Jagung

Benang jagung yaitu benang yang terbuat dari serat selulosa berwarna krem / broken white. Benang ini digunakan untuk membuat renda, menjahit kasur, dan lain lain.

8. Benang Logam
Benang logam yaitu benang yang terbuat dari plastik berlapis logam atau logam berlapis plastik. Bentuk benang ini berkilau berwarna emas namun ada juga yang berwarna silver. Benang logam ini sering dipergunakan untuk menghias pakaian atau lenen rumah tangga dan juga digunakan sebagai bahan untuk tenunan seperti tenun untuk songket.


0 komentar:

Posting Komentar