Rabu, 17 Mei 2017

Jenis Jenis Bahan Jeans / Denim Yang Anda Pakai

Siapa yang tidak kenal dengan jenis kain yang satu ini mulai dari anak-anak hingga orang tua pasti pernah memakai pakaian dengan bahan denim atau yang sering kita sebut jeans atau blue jeans. Disebut blue jeans karena pada awalnya memang bahan ini populer dengan warna dominan biru / blue kalau orang londo bilang, meskipun pada perkembangannya bahan jeans sudah beraneka warna mulai dari warna putih, merah hingga warna orange yang sangat mencolok.

Dari sekian banyak koleksi celana jeans yang mungkin teman teman punya di lemari pakaian pernahkah kalian perhatikan bahwa bahan jeans itu beraneka jenis dari segi teksturnya, mulai dari bahan yang melar, halus, kasar atau tebal dan juga motif ataupun salurnya. Sebenarnya bahan jeans itu ada banyak variasi jenisnya, namun dari sekian banyak bahan yang ada di masyarakat semuanya dapat di golongkan ke dalam 4 tipe jenis denim. Berikut adalah aneka bahan jeans yang populer ada di pasaran.

DRY DENIM / RAW DENIM
Jenis jeans ini adalah yang paling tua atau klasik dari segi proses pembuatannya ini di karenakan jeans ini hanya melalui proses penjahitan tanpa wash atau cuci pabrik. Kesan pertama yang biasa orang rasakan saat memakai celana atau jaket berbahan dry denim adalah terasa kaku dan kasar. Namun seiring dengan lamanya pemakaian dan pencucian maka bahan jenis ini akan lentur dan nyaman di pakai sekaligus memunculkan motif unik berupa lipatan dan juga warna memudar yang alami.

WASH DENIM
Jenis pakaian jeans ini baik berupa celana maupun jaket telah mengalami pencucian atau washing di pabrik atau konveksi tempat pakaian tersebut di produksi sebelum dijual. Jika pada pakaian dry denim pakaian masih terasa kaku dan kasar saat masih baru di beli maka berbeda dengan wash denim yang sudah lembut dan juga warnanya yang sudah agak cerah dan sedikit memudar dari bahan awalnya. Hal ini disebabkan karena pada saat pencucian di pabriknya ada warna yang luntur atau sengaja di luturkan sehingga memberikan efek pudar pada pakaian tersebut. Namun ada juga pakaian wash denim yang dalam proses pencuciannya justru di tambahkan warna lain dari bahan aslinya atau proses wantek, misalkan yang tadinya berwarna putih polos di berikan atau di jadikan warna biru atau lainnya.

PREWASH DENIM
Seperti halnya wash denim prewash denim adalah pakaian jeans yang telah menagalami proses pencucian dari pabrik. Perbedaan antara wash denim dan prewash denim adalah adanya perbedaan warna pudar / cerah yang mencolok pada bagian titik tertentu, biasanya pada bagian paha celana bagian dean dan belakang terlihat lebih cerah. Hal ini biasanya di sebabkan karena pada saat proses produksinya pada bagian tertentu tersebut di olesi dengan cairan tertentu atau yang populer di kalangan industri konveksi dengan istilan mangki.

STRETCH DENIM



RAMIE DENIM



POLY DENIM


BLACK COAT DENIM / WAXED DENIM

SELVAGE / SELVEDGE DENIM

0 komentar:

Posting Komentar