ROTSA JEANS

WE MAKE VERMAK AND CUSTOME JEANS

ROTSA JEANS

BUKA 08.00 - 19.00 WIB.

ROTSA JEANS

SELALU MEMBERIKAN YANG TERBAIK.

ROTSA JEANS

KAMI ADALAH PROFESIONAL.

ROTSA JEANS

TERCEPAT DAN BERGARANSI.

Minggu, 18 Februari 2018

Ukuran Baju Atasan Wanita

Buat teman-teman yang membutuhkan panduan umum ukuran / size baju wanita silahkan menggunakan panduan pada gambar tersebut.


 Langkah-langkah untuk mengetahui ukuran tubuh anda :

  • Bagian dada (1); Badan berdiri tegak, lengan di biarkan rileks di kedua sisi. Lingkarkan pita pengukur di sekeliling dada anda melalui sela ketiak.
  • Pinggang (2); Silahkan lingkarkan pita ukuran pada bagian pinggang, carilah ukuran terkecil dengan menggeser-geser pita ukuran sampai di dapatkan ukuran yang tepat. Jangan berusaha mengecilkan perut anda, rileks saja supaya hasil ukurannya bisa maksimal.
  • Pinggul (3); Lingkarkan pita meteran pada area pinggul, lihatlah dimana angka nol bertemu dengan angka terakhir yang melingkari pinggul. Untuk mendapatkan ukuran maksimal silahkan geser sedikit ke atas bawah pada bagian pinggul lalu carilah ukuran yang terbesar maka itulah ukuran pinggul anda.



Sabtu, 20 Januari 2018

Rumus Pola Kerung Lengan Kemeja

Hal yang tak kalah penting pada saat pembuatan pola baju adalah proses pembuatan pola pada tangan. Pada pembuatan pola tangan yang paling sulit adalah bagaimana kita menentukan lebar Lubang Lengan untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan ukuran Lingkar Kerung Lengan yang kita harapkan, Contoh ;
LKL = Lingkar Kerung Lengan =  44 cm
TPL  = Tinggi Puncak Lengan = 13 cm (ketetapan)
PT    =  Panjang Tangan = 55 cm
LB    =  Lebar Lubang Lengan = ... ?


Untuk menentukan LB / Lebar lubang lengan adalah dengan menggunakan ukuran LKL / Lingkar Kerung Lengan di kurangi 10 cm sampai 8 cm. Dari contoh di atas maka untuk Lebar Lubang Lengannya adalah 44 - 10 = 34 cm. Untuk LKL di atas 45 cm pengurangannya 9 cm, dan untuk LKL di atas 50 cm pengurangannya adalah 8 cm.

Berikut adalah Tabel Lingkar Kerung Lengan ( LKL ) yang bisa teman-teman manfaatkan untuk menentukan Lebar Lubang Lengan dengan syarat bahwa Tinggi Puncak Lengan adalah 13 cm.
Semoga Bermanfaat




Senin, 15 Januari 2018

Rumus Pola Pesak Depan Pada Celana

Pada tahapan pembuatan pola celana hal yang perlu diketahui salah satunya adalah bagaimana caranya menentukan panjang pesak / selangkangan depan. Hal ini sangat penting mengingat pada tahapan ini merupakan langkah awal sebelum kita mengukur lebih jauh untuk pembuatan pola pada celana secara keseluruhan.
Selama ini saya menggunakan rumus;

TP={ ( P:2 ) -5 } - X

Keterangan:
TP = Turun Pesak
P    = Panjang Pesak Keseluruhan
X  = Pengurangan  yang nilainya 6 cm .
Untuk nilai X sebesar 6 cm berasal dari lebar ban 4 cm ditambah 2 cm atau lebih menyesuaikan jenis bahan. Namun nilai X tersebut bisa lebih besar tergantung tingkat elastisitas bahan yang di pergunakan saat pemotongan. Sebagai contoh jika kita menggunakan bahan street maka biasanya nilai X secara keseluruhan bisa mencapai 8 cm atau 9 cm dan bukannya 6 cm.

1. Misalkan pada kasus celana bahan yang hendak dibuat dengan panjang pesak saat di ukur secara keseluruhan memiliki panjang 60 cm, lalu berapakah panjang pesak pada pola yang harus kita buat.
Dengan menggunakan rumus di atas maka dapat kita ketahui;

TP = {(60:2)-5} - 6
TP = {  30  -  5} - 6
TP =        25     -   6
TP =        19 cm

Dari Perhitungan di atas maka dapat kita ketahui jika pada celana yang memiliki panjang pesak secara keseluruhan 60 cm maka untuk pola turun pesak nya adalah 19 cm.

2. Contoh lainnya adalah apabila pada saat kita mengukur pelanggan dengan panjang pesak secara keseluruhan dari ban depan sampai ban belakang memiliki panjang pesak keseluruhan adalah 70 cm lalu berapah Turun Pesak yang harus kita buat.

TP = {(70:2)-5} - 6
TP = {  35  - 5 } - 6
TP =      30       -  6
TP =       24 cm

Dari contoh kedua di atas maka dapat kita ketahui apabila kita memiliki panjang pesak secara keseluruhan 70 cm maka untuk Turun Pesak yang diperlukan adalah 24 cm.

Jadi sekali lagi teman-teman perhitungan di atas adalah perhitungan rumus sederhana yang tentunya pada saat penerapannya perlu penyesuaian, mengingat pekerjaan kita sebagai penjahit menggunakan bahan sebagai media utamanya yang memiliki tekstur dan juga sifat yang berbeda-beda.

Namun untuk penggunaan rumus tersebut saya pergunakan setiap hari sebagai patokan dasar untuk pembuatan pola celana. Apabila ada yang kurang jelas silahkan sampaikan di kolom komentar bagian bawah. Semoga bermanfaat ilmunya terimakasih.

Rabu, 15 November 2017

Cara Menyetel Rotari Pada Mesin Jahit Supaya Jahitan Tidak Loncat / Skip


Sebenarnya penyebab utama dari permasalah jahitan loncat atau skip yang pernah saya paparkan pada tulisan terdahulu adalah settingan pada rotari mesin jahit itu sendiri. Karena settingan rotari adalah inti dari proses pengaitan antara benang atas dan benang bagian bawah yang terdapat di sekoci pada mesin jahit.

Untuk proses menyetel rotari saya sendiri untuk peralatan yang di perlukan hanyalah sebuah obeng minus untuk membuka / melepas baut-bautnya. Berikut adalah langkah-langkah penyetingan rotari yang benar.

1. Langkah pertama adalah matikan dahulu dinamo mesin jahit supaya lebih aman, kemudian lepaslah sepatu pada mesin jahit untuk memudahkan pandangan mata saat melakukan penyetelan rotari.

2. Lepaskan plat atau tatakan mesin dengan melepas kedua baut yang ada menggunakan obeng minus yang tadi telah di persiapkan.

3. Lepaskan pula gigi pada mesin jahit dengan cara melepaskan bautnya, hal ini bertujuan untuk memudahkan pandangan kita terhadap setelan rotari nantinya.

4. Kendorkan dua buah baut yang terdapat pada rotari untuk memulai tahap penyetingan, ingat ya teman-teman kendorkan saja bukan di lepas bautnya. Untuk beberapa rotari biasanya terdapat 3 baut yang melekat pada badan rotari, kendorkan saja.

5. Untuk tahapan penyetingan adalah dengan memutar mesin dengan tangan sambil di sesuaikan antara posisi ujung rotari dengan bagian jarum yang menjorok kedalam.

6. Usahakan sedekat mungkin jarak antara ujung mata rotari dengan coakan jarum jahit, sebab jika terlalu jauh maka benang tidak akan mengait sehingga menyebabkan nantinya jahitan loncat. Namun jika anda menyetelnya terlalu dekat antara rorati dan jarum kemungkinan akan terjadi benturan yang bisa menyebabkan jarumpatah atau rotari cepat habis atau rusak.

7. Setelah setelan dirasa pas silahkan pasang kembali gigi dan juga plat tatakan serta sepatu jahit yang  ada.

8. Cobalah menjahit dengan bahan yang sebelumnya di jahit bermasalah atau lompat, jika masih lompat-lompat juga berarti setingan antara rotari yang anda lakukan belum pas. Cobalah setting lagi posisinya supaya tepat sesuai harapan.

Untuk belajar menyetel rotari pada mesin jahit memang memerlukan banyak latihan dan uji coba yang terus-menerus supaya felling kita terasah dengan baik. Pada awalnya admin juga sempat kebingungan juga menyetel rotari, namun seiring dengan latihan yang terus menerus sekarang untuk menyetel rotari pada mesin jahit adalah hal yang gampang untuk dilakukan. Selamat mencoba

Jumat, 10 November 2017

Tentang Kain Flannel / Felt


Selamat pagi teman-teman, pagi ini aku mau kasih tahu informasi tentang kain felt atau yang lebih populer di sebut dengan nama kain flanel. Apa sih sebenarnya kain flanel itu? buat teman-teman yang belum paham apa itu kain flanel nih aku jelasin ya. Kain flanel itu kain yang tebuat dari bahan wol yang agak tebal dan sering bagi anak sekolah di buat prakarya gitu misalnya untuk membuat tenpat pensil, boneka, macam-macam bross, hiasan toples dan lain-lain.



Harga kain flanel bermacam-macam tergantung kuwalitasnya, ada yang murah ada juga yang mehong alias mahal. Biasanya kain flanel ini tersedia di toko yang jual perlengkapan dan peralatan jahit. Warnanya yang mencolok dan berwarna-warni membuat kain flanel sangat mudah di padu padankan untuk menjadi aneka aksesoris dan juga macam-macam kreasi hand made.


Kelebihan dari kain flanel ini adalah ketika kita menjahit atau mengkreasikannya adalah tidak perlu untuk menjahit bagian pinggir kain alias gak perlu takut mbrudul atau berantakan bagian pinggir kainnya, udah gitu pada saat kita jahit dengan tangan meskipun jahitan kita kurang rapi atau belok-belok dikit asal benangnya mirip gak akan ketahuan soalnya benangnya itu masuk ke dalam.

Itulah tadi sekilas perkenalan tentang kain semoga buat teman-teman yang belum tahu sekaranng menjadi tahu dan gak bingung lagi tentang apa itu kain flanel. sampai jumpa lagi pada artikel berikutnya ya say... emuah.

Kamis, 09 November 2017

Service Paiyo Tempatnya Reparasi Mesin Jahit di Cipadu


Pas lagi asik-asik jahit gak tahu kenapa tiba-tiba mesin rewel benang gak mau ngait dan jadinya sering skip. Coba otak-atik sendiri kok bingung juga ya gak ketahuan apa penyebabnya al hasil akhirnya aku bawa juga ke tukang service mesin langganan.

Oh ya teman-teman buat kalian yang punya hobi ataupun profesi menjahit tentunya sangat familiar ya dengan tukang servce mesin jahit ini. Kalau aku punya satu langganan untuk service mesin jahit karena tinggal di daerah tangerang selatan aku sering bawa ke tukang service mesin yang ada di daerah cipadu sana.

Biasanya kalo pas lagi service mesin sembari menunggu selalu sempatkan sekalian belanja peralatan jahit serta bahan ke pasar cipadu juga, ya itung-itung menghemat waktu juga biar gak bosan juga nungguin giliran service mesin jahitnya.

Tempat favoritku untuk mereparasi mesin jahit adalah di tempatnya Service Paiyo, lokasinya sekitar 1 km ke arah kreo kalau dari pasar cipadunya. Awal saya service di tempat ini adalah karena rekomendasi dari ayah saya yang juga berprofesi sebagai penjahit dan ternyata alhamdulillah cocok juga sama keinginan saya. Tempatnya berada di pinggir jalan raya cipadu jadi gampang aksesnya juga parkirnya lumayan lega. Sebenarnya di daerah cipadu sana banyak sekali terdapat beberapa pilihan tempat reparasi mesin jahit gituh, gak tahu kenapa saya merasa cocok dengan pelayanan dari Service Paiyo ini.

Selain melayani jasa service mesin Service Paiyo juga meyediakan onderdil mesin yang komplit juga, jadi kalau ada sparepart yang musti harus di ganti bisa segera langsung ditangani di tempat itu juga tanpa harus mencari spareparnya ke tempat lain yang tentunya memakan waktu.

Service Paiyo juga melayani jual beli mesin jahit, obras, neci dan lainnya, baik itu untuk mesin baru ataupun second, harganya cukup terjangkau gak beda jauh dengan toko-toko di sekitaran sana. Jadi buat teman-teman yang membutuhkan jasa reparasi mesin jahit, ataupun membeli mesin jahit baru /bekas sangat saya rekomendasikan ke Service Paiyo ini. 

Semoga ulasan saya bermanfaat buat teman-teman sekalian, sampai jumpa lagi pada artikel saya berikutnya. Salam sukses dan sejahtera.


Rabu, 08 November 2017

Mengenal Kain Katun Jepang


Apakah kain katun jepang itu? Seperti apa wujudnya ? Benarkah kain ini di import langsung dari jepang? itulah beberapa pertanyaan yang sering ada di benak teman-teman sekalian bukan. Kali ini admin berusaha untuk menjawab rasa penasaran teman-teman sekalian mengenai informasi seputar kain jepang yang telah di rangkum dari berbagai sumber dan pengalaman sendiri.

Kain katun jepang pada prinsipnya adalah jenis kain katun yang benar-benar murni 100% cotton, jadi tentu saja memiliki sifat adem dan sangat cocok buat para pengguna yang tinggal didaerah tropis seperti di indonesia ini. Kalau kain katun jepang terbuat dari bahan katun murni terus apa dong bedanya dengan kain kafan? he he he, kan sama-sama terbuat dari katun 100%. Tentu saja yang menjadi ciri khas dari kain katun jepang ini adalah motif bunga sakura yang selalu menjadi ciri khas dari kain katun jepang ini.

Kain katun jepang memiliki tekstur lembut, enak dan nyaman jika bersentuhan dengan kulit kita. Tentu saja terkadang ada juga kain katun jepang yang abal-abal di pasaran ya, maksudnya kain katun jepang palsu atau kualitas rendah. Jadi buat teman-teman yang mau membeli kain katun jepang usahakan membeli di toko tekstil yang memiliki jaringan distribusi resmi ya, meskipun harganya cukup mahal namun teman-teman pastinya tidak akan kecewa soal kualitasnya.


Lalu untuk pertanyaan selanjutnya benarkah kain katun jepang yang asli benar-benar di import langsung dari jepang? Ternyata dari informasi yang saya tahu bahwa sebenarnya kain katun jepang pada awalnya memang di import langsung dari negeri jepang. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan meningkatnya permintaan jenis kain katun jepang di dalam negeri, maka di bangunlah pabriknya di indonesia tepatnya di kota bekasi, jawa barat. Pembangunan pabrik di indonesia ini dimaksudkan untuk menekan biaya produksi yang mahal di jepang dan juga bea masuknya, supaya pada akhirnya produk ini bisa dijangkau oleh masyarakat kita.

Kain katun jepang yang sering kita kenal dengan merek Japan Design  adalah kain katun lokal yang mendapat lisensi langsung dari jepang dan di produksi oleh perusahaan lokal dengan nama PT. Tokai Textprint Indonesia yang berlokasi di bekasi. Jadi meskipun di produksi oleh perusahaan lokal dan produksinya juga di dalam negeri, tapi untuk kualitasnya bisa dipastikan memiliki standar kualitas yang sama dengan produk yang di import langsung dari jepang sana.

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai katun jepang yang admin tahu, semoga informasinya bermanfaat  dan bisa menambah wawasan teman-teman. Sampai jumpa lagi pada tulisan saya berikutnya, selamat malam